Satuan pendidikan : SMA
Mata pelajaran : Biologi
Kelas : X
Materi : Pencemaran Lingkungaan
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Kompetensi dasar
Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan msalah perusakan atau pencemaran lingkungn dan pelestarian lingkungan
Indikator
1. Menjabarkan kegiatan manusia yang menyebabkan pencemaran lingkungan
2. Merangkum informasi dampak berbagai jenis limbah
3. Menyusun laporan upaya manusia mengatasi pencemaran lingkungan
Model pembelajaran
• Diskusi Informasi
• Diskusi kelompok
Sumber Pembelajaran
• Materi E-book
• Gambar-gambar dari internet
Langkah-langkah pembelajaran
a. Pendahuluan (10 menit)
1. Guru memotivasi siswa dengan menampilkan gambar ikan-ikan yang mati secara tiba-tiba.
2. Guru bertanya kepada siswa “anak-anak kira-kira apa yang terjadi dengan ikan-ikan yang ada di gambar. Guru dan siswa melakukan Tanya jawab singkat.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang daur biogeokimia dengan menuliskan di papan tulis.
b. Kegiatan inti (70 menit)
1. Guru menjelaskan secara singkat tentang materi polusi dan dampaknya.
2. Guru menyuruh siswa membentuk kelompok dan berdiskusi dalam mengerjakan LKS (tugas global warming).
3. Guru memberikan pengarahan kepada siswa untuk dalam melakukan diskusi.
4. Guru meminta salah satu kelompok untuk melakukan presentasi hasil diskusi.
5. Guru bersama dengan siswa membahas hasil diskusi (Global Warming) secara klasikal dan menuliskan hasil diskusi di depan kelas.
c. Penutup (10 menit)
1. Guru bersama dengan siswa menyimpulkan pelajaran hari ini.
2. Guru memberi tugas kepada siswa untuk mencari artikel tentang langkah-langkah mengatasi global warming di internet dan dikumpulkan dipertemuan berikutnya..
3. Guru mengakhiri pelajaran hari ini
Penilaian Dalam Pembelajaran
Penilaian berupa
1. Hasil diskusi dan presentasi
2. Tugas Mandiri (artikel)
Biology Search
Custom Search
Rabu, 10 Juni 2009
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar